Jumat, 21 Jun 2024
  • Selamat Datang di Website SMA YP UNILA Bandar Lampung

Tips Berlibur ke Objek Wisata Alam

Tips Berlibur ke Objek Wisata Alam

Inilah Tips Aman Berlibur ke Objek Wisata Alam

Oleh : Maskut Candranegara, M.Pd. (Guru PAI dan Budi Pekerti, SMA YP Unila)

Menjelang libur akhir tahun, masyarakat dibuat antusias untuk menyiapkan sederet list destinasi yang akan dikunjungi, termasuk ke objek wisata alam. Beragam destinasi wisata alam primadona yang kerap menjadi incaran di antaranya adalah pantai, gunung, sungai, hingga air terjun atau curug.

Yang harus diperhatikan masyarakat untuk melakukan persiapan matang sebelum memutuskan berlibur ke objek wisata alam pada musim libur Nataru, kalau bisa menghindari tempat-tempat yang berpotensi rawan bencana.

Persiapan tersebut, guna mengantisipasi cuaca ekstrem serta perubahan iklim yang terjadi akhir-akhir ini. Seperti erupsi gunung berapi, tanah longsor, banjir dan gempa bumi serta tsunami.

Untuk itu, saya membagikan sejumlah tips berlibur ke destinasi wisata alam menjelang libur akhir tahun, berdasarkan lokasi yang dituju.

Bila tetap ingin menghabiskan libur Nataru di tempat-tempat seperti di gunung, curug atau air terjun dan sungai, maka perhatikan tips berikut;

1. Gunung

Bagi penggemar petualangan mendaki gunung, di himengimbau para pendaki untuk mempelajari situasi gunung, mengingat lokasi medan perlintasan tiap-tiap gunung berbeda.

Selain itu, menjaga stamina untuk badan yang fit dan prima juga penting.
Mempersiapkan peralatan yang tepat. Mendaftar terlebih dahulu, agar tercatat namanya, bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, cepat penanganannya. Siapkan perbekalan dan logistik yang cukup. Dan tidak kalah pentingnya berdoa.

2. Air terjun atau curug

Bagi pecinta wisata alam curug atau air terjun, ia membagikan sejumlah tip yang harus di perhatikan di antaranya, berangkat lebih pagi sehingga jalur menuju curug tidak licin akibat embun pagi.
Selanjutnya, memahami medan. Jika medannya ekstrem, ia mengatakan akan lebih baik meminta warga setempat sebagai pemandu.

Menyimpan nomor telepon penting jika mengalami kecelakaan selama berwisata di curug bisa dihubungi. Pahami juga jalur evakuasi keluar curug.

3. Sungai

Bagi yang suka dengan menyusuri sungai, lanjut dia, seseorang perlu memperhatikan cuaca dengan memantau ramalan cuaca pada lokasi aliran sungai yang akan dikunjungi. Selain itu, ia mengimbau juga untuk mencari tahu informasi tentang sungai yang akan dituju. Ini untuk menjaga keselamatan dan keamanan saat berada di sungai

Gendis Ananda Putri

Tulisan Lainnya

Artikel4
Oleh : smaypunila2022

Artikel4

Artikel 5
Oleh : smaypunila2022

Artikel 5

Artikel Guru3
Oleh : smaypunila2022

Artikel Guru3

Artikel Guru
Oleh : smaypunila2022

Artikel Guru

0 Komentar

KELUAR