Preaload Image
Back

KEBERAGAMAN AGAMA WUJUD BHINNEKA TUNGGAL IKA: SISWA KELAS XI GELAR IBADAH BERSAMA DALAM RANGKA P5

Dalam rangka penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), siswa-siswi kelas XI menggelar kegiatan bertema “Keberagaman Agama sebagai Bentuk Bhinneka Tunggal Ika”, yang diselenggarakan pada Jumat pagi, 16 Mei 2025, di lingkungan sekolah.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan ibadah bersama sesuai agama masing-masing, diawali dengan pelaksanaan sholat Dhuha bersama bagi siswa Muslim yang di Imami oleh Bapak Yahya Husin, S.Kom di Lapangan Futsal SMA YP Unila, kemudian dilanjutkan dengan Siswa yang beragama Hindu, lalu Budha dan di akhiri dengan Pelaksanaan Ibadah siswa Kristiani, dengan bimbingan guru agama masing-masing.

Seluruh siswa kelas XI, para guru, dan staf sekolah terlibat aktif dalam kegiatan ini. Kepala sekolah, Ibu Dra. Mey Sriyani, MM, turut hadir dan memberikan sambutan pembuka sekaligus dukungan penuh terhadap kegiatan yang menumbuhkan toleransi dan nilai-nilai kebangsaan ini.

Dalam sambutannya, Ibu Mey menyampaikan, “Kegiatan ini adalah cerminan nyata dari semangat Bhinneka Tunggal Ika. Meski berbeda keyakinan, kita tetap satu dalam semangat kebersamaan, saling menghargai, dan cinta tanah air. Semoga kegiatan ini membentuk karakter pelajar yang toleran, berakhlak, dan berjiwa Pancasila.”

Sebagai tujuan untuk menanamkan nilai toleransi beragama dan menumbuhkan sikap saling menghormati di tengah keberagaman yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia. Ini juga bagian dari implementasi nyata Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, khususnya dimensi Berkebinekaan Global dan Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia.

Kegiatan berjalan dengan tertib dan penuh semangat. Setelah ibadah, siswa mengikuti sesi dialog lintas agama untuk saling mengenal dan memahami ajaran agama lain secara positif. Guru pendamping memberikan arahan agar dialog berlangsung dengan penuh hormat dan toleransi.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *