Sabtu, 20 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website SMA YP UNILA Bandar Lampung

Peresmian Mini Bank BTN SMANILA

Senin, 13 November 2023 telah dilaksanakan kegiatan Peresmian Mini Bank BTN SMA YP Unila Bandarlampung. Peresmian yang di dukung oleh PT. Bank Tabungan Negara, Tbk. Cabang Bandarlampung. Keberadaan bank mini di SMA YP Unila merupakan upaya sekolah dalam implementasi pembelajaran kontekstual di Kurikulum Merdeka, dengan harapan siswa konsentrasi keahlian akuntansi di sekolah ini bisa memiliki bekal kompetensi perbankan yang mumpuni.

Peresmian bank mini ini melakukan rangkaian kegiatan penandatanganan MoU, sosialisasi kepada seluruh siswa  tentang pengertian tabungan, tatacara pembukaan rekening, penyetoran dan penarikan tabungan, dengan harapan melalui materi ini siswa dapat  belajar pentingnya menabung meskipun jumlahnya sedikit (dengan mengurangi uang jajannya).

Dr. Ryzal Perdana selaku Ketua Dewan Pengurus SMA YP Unila Bandarlampung, saat memberikan sambutan sekaligus meresmikan bank mini tersebut menyampaikan terima kasih kepada seluruh unsur yang ada di Yayasan SMA YP Unila Bandarlampung, dimana keberadaan bank mini untuk tingkat sekolah baru pertama kali dan satu-satunya ada di SMA YP unila. Selain itu beliau mengajak siswa memanfaatkan momen ini untuk membangun budaya literasi melalui praktik di Bank Mini, tentunya memberikan dampak positif untuk mewujudkan generasi berkualitas yang literat, dan mampu menjadi Generasi Emas di masa yang akan datang yang siap bersaing dan kompeten di bidangnya.

Beliau juga berharap bantuan peralatan praktik perbankan yang sudah diserahkan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kompetensi siswa di bidang perbankan dan sementara ini dua dari tiga layanan perbankan bisa dinikmati. Keberadaan bank mini merupakan bagian yang penting sebagai sarana penunjang dalam kegiatan pembelajaran praktik khususnya di konsentrasi keahlian ekonomi akuntansi.

Meskipun punya embel-embel ‘bank’, tidak semua fungsi perbankan dijalankan di bank mini ini. Kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari siswa, guru dan tenaga kependidikan yang berminat dalam bentuk simpanan tabungan dan kegiatan memberikan jasa perbankan lainnya berupa layanan transfer antar bank, bayar listrik, bayar telepon, pembelian pulsa, token listrik, isi gopay, ovo, qris, dll.

Diakhir kegiatan dilakukan oleh siswa terpilih, yang dilatih oleh pegawai ahli dari bank BTN menjadi teller costumer pada acara pembukaan bank mini di sekolah sekaligus melayani nasabah dengan baik, dibawah pengawasan guru pembimbing Bank mini.

(Gendis Ananda Putri)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR